Saturday, January 16, 2010

Wagub Hadiri Pesta Giling Gula di Sindanglaut

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Dede Yusuf menghadiri acara Selamatan Giling Pabrik Gula Sindanglaut di Kecamatan Lemahabang, Selasa, 19 Mei 2009. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Cirebon, H. Ason Sukasa serta Ketua DPD APTRI Jabar, HM. Anwar Asmali.

Pada kesempatan tersebut Wagub juga berkesempatan untuk bermalam di rumah penduduk demi mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung. Komoditi tebu merupakan komoditi unggulan Tingkat Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat dan Nasional yang berwawasan agroindustri dan agribisnis dengan melibatkan petani, pabrik gula, koperasi, bank pelaksana dan instansi dinas terkait lainnya.

Keberhasilan program pengembangan tebu rakyat berkat adanya kerjasama dengan menjalin hubungan kemitraan antara para pelaku pergulaan baik pada on farm maupun off farm. Pada tahun 2008-2009 program tebu rakyat di wilayah PG Sindanglaut 2.679,478 ha, dengan produktivitas tebu 722 kuintal dan rendemen 7,50 akan diperoleh hablur gula 144.606 kuintal. Sedangkan untuk kabupaten Cirebon, dengan areal 7.603,382 ha, serta produktivitas tebu 761 kuintal dan rendemen 7,32%, diperoleh hablur gula 44,21 kuintal.

Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan sangat mendukung adanya industri pergulaan oleh karena itu berbagai program kegiatan baik dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN banyak digulirkan untuk pengembangan tebu rakyat.

posted by : ari
sumber : Website resmi Pemerintahan kabupaten Cirebon

No comments:

Post a Comment